Press "Enter" to skip to content

7 Cara Menghentikan Kebiasaan Buruk Kronis Suami

Ingat ketika masih berpacaran, pasangan kamu selalu terlihat luar biasa. Mereka tidak pernah menampakan kebiasaan buruknya karena takut kamu akan pergi meninggalkannya. Tapi, berbeda dengan ketika kalian sudah menikah. Semua kebiasaan buruknya mulai muncul karena dia merasa sudah memiliki kamu sepenuhnya dan tidak begitu takut lagi kehilangan.

Kebiasaan buruk suami bisa bermacam-macam, ada yang merusak kesehatan seperti merokok atau begadang menonton pertandingan bola dan lama menghabiskan waktu melihat situs judi bola. Ada yang mengganggu hubungan rumah tangga seperti terlalu sering menghabiskan waktu bersama teman-teman dibandingkan bersama keluarga di rumah atau yang mengganggu masalah finansial seperti bermain judi.

kebiasaan buruk suami

Kalau kamu mulai kesal dengan kebiasaan buruk suami dan ingin segera menyudahinya, berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu kamu menghentikan atau setidaknya mengurangi kebiasaan buruk suami-mu.

  1. Biarkan ia tahu bahwa Anda merasa terganggu.

Terkadang suami melakukannya karena tidak sadar bahwa yang dilakukannya adalah kebiasaan yang buruk. Dalam kondisi seperti ini, suami akan terus mengulang perbuatannya dan akan membuat kamu semakin kesal. Untuk mengatasinya, katakan pada suami kalau kamu merasa kesal jika ia melakukan kebiasaannya itu. Dengan begitu suami akan tahu jika yang dilakukannya telah mengganggu istri yang dicintainya.

  1. Mulailah dari diri Kamu sendiri

Bisa jadi kebiasaan buruk yang dilakukan oleh suami dilakukan juga oleh-mu. Kalau begini, seberapa sering pun kamu menasehati suami akan menjadi sia-sia. Kamu juga tidak punya hak untuk menasehati suami tentang kebiasaan buruknya kalau kamu juga masih melakukan kebiasaan buruk itu. Jadi solusinya adalah mulai dari diri-mu sendiri. Kamu akan menjadi contoh untuknya dan secara tidak sadar dia akan mengikuti kebiasaan baik kamu itu.

  1. Bicarakan dengan Cara yang Baik

Ini salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh istri. Memberitahukan tentang kebiasaan buruk suami tapi dengan cara yang tidak membuat suami nyaman misalnya membentak. Dengan membentak atau marah-marah, insting suami akan memerintahkan untuknya membela diri dan akhirnya akan mendatangkan perselisihan yang akan merusak rumah tangga kalian. Maka katakan lah dengan cara yang baik, sebisa mungkin jangan sampai membuatnya tersinggung.

  1. Jangan Melarang, Buat Batasan

Untuk kebiasaan yang sulit dihilangkan, jangan langsung melarang suami untuk melakukannya karena hanya akan membuat ia melakukan kebiasaannya dengan sembunyi-sembunyi dan semakin sulit untuk dikendalikan. Buatlah batasan, coba untuk mengurangi kebiasaannya setiap hari, seiring berjalannnya waktu kebiasaannya akan hilang dengan sendirinya.

hentikan kebiasaan buruk suami

  1. Mencoba Komunikasi yang Berbeda

Jika percakapan biasa tidak mempan pada suami kamu, cobalah komunikasi lain. Kamu bisa coba bernostalgia dengan cara lama ketika kamu berpacaran untuk mengingatkan masa-masa indah dulu ketika suami-mu berjuang mati-matian mendapatkan kamu. Melalui surat juga akan terasa romantis dan dapat lebih menghangatkan rumah tangga kalian berdua.

  1. Buat Menarik dengan Imbalan

Boys will always be boys”, begitulah ungkapan yang disematkan bagi para kaum lelaki. Memang tidak salah, berapa pun umurnya lelaki akan selalu memiliki sisi kekanak-kanakan. Oleh karena itu, manfaatkan sisi ini untuk menghentikan kebiasaannya. Anak akan melakukan apa saja demi mendapatkan imbalan. Berikan imbalan yang menarik jika dia bisa menghentikan kebiasaan buruknya.

  1. Tunjukan Bahwa Kamu Ingin Membantu

Beberapa suami berpikir jika istrinya melarang kebiasaan buruk yang dilakukannya hanya ingin merusak kesenangannya saja. Kamu sebagai istri harus segala meluruskan masalah itu jika memang suami-mu berpikir seperti itu. Tunjukan padanya jika kamu ingin membantu dan membuatnya menjadi pria yang lebih baik untuk kamu dan keluarganya.